Inilah ilmu-ilmu yang akan rutin didapatkan di perkuliahan Institut Ibu Profesional baik secara off line maupun online. Jangan di lewatkan kan ya bunda satu mata kuliahpun, karena semuanya bener-bener menarik.
I. PROGRAM : BUNDA SAYANG
Standar Kompetensi : memahami ketrampilan dalam mengembangkan materi, teknologi, metode, peralatan dan pelatihan untuk melatih dan mengembangkan ketrampilan dasar anak.
Durasi : 12 kali pertemuan @ 1 jam
Kompetensi Dasar
|
Hasil Belajar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
1. Menguasai ketrampilan berkomunikasi antara orangtua dan anak-anak
|
1. 1 Mengenal komunikasi yang destruktif
1.2 Memahami dan mempraktekkan komunikasi Produktif di rumah
|
* Mengidentifikasi dan menyadari jenis-jenis komunikasi yang destruktif ke anak-anak
*Mengganti komunikasinya dengan komunikasi produktif
|
* Komunikasi Produktif
|
2. Menguasai ketrampilan melatih kemandirian anak-anak.
|
2.1 Mengetahui tahapan-tahapan melatih anak mandiri
2.2 Mempersiapkan jadwal untuk mempraktekkan kemandirian anak di rumah
|
*Mengetahui tahapan kemandirian berdasarkan usia anak
*Bisa memandu anak mempraktekkan kemandirian di rumah, menggunakan buku bintang.
|
* Memandu Kemandirian Anak di Rumah
|
3. Menguasai ketrampilan melatih kecerdasan emosi dan spiritual anak-anak.
|
3.1 Memahami pentingnya mengembangkan kecerdasan emosi dan spiritual anak-anak
3.2 Beraktivitas dengan anak-anak untuk meningkatkan kecerdasan emosi dan spiritualnya
|
*Memahami faktor-faktor pemicu kecerdasan emosi dan spiritual anak-anak
* Menyusun aktivitas di rumah yg melejitkan kecerdasan emosi dan spiritualnya
|
*Melejitkan Kecerdasan Emosi dan spiritual anak-anak.
|
4. Menguasai ketrampilan mendampingi belajar anak, sesuai gaya belajarnya.
|
4.1 Memahami macam-macam gaya belajar anak
4.2 Mampu menyusun rencana pendampingan pembelajaran disesuaikan gaya belajar anak.
|
*Mengidentifikasi gaya belajar masing-masing anak
*Mempraktekkan pembelajaran sesuai gaya belajar anak.
|
* Memahami gaya belajar anak, Mendampingi dengan benar.
|
5. Menguasai ketrampilan menstimulus anak suka membaca dan menulis
|
5.1 Memahami tahapan persiapan anak untuk membaca dan menulis
5.2 Menguasai permainan dan alat peraga untuk menstimulus anak-anak agar suka membaca.
|
* Memberikan stimulus membaca dan menulis dengan benar.
*Mempraktekkan permainan dan stimulus secara konsisten dan terus menerus di rumah.
|
*Mendidik anak suka membaca dan menulis.
|
6.Menguasai ketrampilan menstimulus anak menyukai matematika
|
6.1 Memahami dasar konsep matematika untuk anak-anak
6.2 Menguasai cara penyampaian matematika yang mudah dan menyenangkan
|
*Menguasai tahapan mengajarkan matematika untuk anak.
*Mempraktekkan matematika scr mudah dan menyenangkan
|
*Mendidik Anak menyukai Matematika
|
7.Menguasai ketrampilan mengoptimalkan kelebihan anak sesuai kecerdasannya
|
7.1 memahami bahwa semua anak adalah cerdas
7.2 Memperlakukan anak secara optimal sesuai dengan kecerdasannya
|
*Mengidentifikasi kecerdasan dominan yang ada di diri anak.
*Mengembangkan pribadi anak sesuai dengan kecerdasannya masing-masing
|
Semua anak adalah bintang
|
8. Menguasai ketrampilan untuk melejitkan kecerdasan finansial anak sejak dini.
|
8.1 Memahami faktor-faktor yang melejitkan kecerdasan finansial
8.2 Mempraktekkan stimulus kecerdasan finansial anak dalam kehidupan sehari-hari
|
* Mampu melihat lingkungan internal dan eksternal yang mendukung kecerdasan finansial anak
* Bisa menyusun aktivitas dalam kehidupan sehari-hari guna menstimulus kecerdasan finansial anak.
|
Mendidik anak cerdas finansial sejak dini
|
9. Menguasai ketrampilan dasar memicu kreativitas anak sejak dini.
|
9.1 Memahami faktor pemicu kreativitas anak
9.2 Melakukan aktivitas yang memicu kreativitas anak dalam kehidupan sehari-hari
|
*Bisa menyebutkan faktor-faktor yang memicu kreativitas anak
*Bisa menyusun aktivitas bersama anak yang memicu kreativitas
|
*Memicu Kreativitas anak sejak dini
|
10. Menguasai ketrampilan dasar mendongeng, sebagai dasar pembentukan karakter
|
10.1 Memahami ilmu-ilmu dasar mendongeng dan membangun karakter
10.2 Mampu menulis dan mengekspresikan diri bertutur kata kepada anak lewat dongeng
|
*Bisa mengerti dan memahami segala faktor yg mendukung kemahiran mendongeng
* Mampu menulis dan mengekspresikan dongeng sederhana yg berkaitan dg karakter
|
Membangun karakter anak lewat dongeng
|
11. Menguasai ketrampilan dasar seputar mengelola rasa ingin tahu anak ttg pendidikan seks dan hal-hal tabu lainnya sejak dini
|
11.1 Memahami secara ilmiah ttg pendidikan seks dan masalah yang ditabukan dari sudut kaca mata anak.
11.2 Mampu mengarahkan anak-anak pada informasi yang benar seputar seks dan hal-hal tabu lain, sesuai pemahaman anak.
|
*Mampu mengidentifikasi informasi tentang seks dan hal-hal yg ditabukan dari kacamata anak-anak.
*Mampu memberikan sumber belajar yang tepat untuk mengelola rasa ingin tahu anak seputar seks dan hal-hal yang ditabukan.
|
Mengenalkan Pendidikan Seks secara tepat dan benar sejak dini.
|
12. Menguasai ketrampilan dasar membuat keluarga multimedia.
|
12.1 Memahami kecanggihan teknologi sbg pola dasar membangun keluarga multimedia.
12.2 Mampu membangun keluarga multimedia.
|
*Bisa menyebutkan berbagai macam teknologi yg berkembang saat ini untuk pendidikan anak
*Mampu menggunakan berbagai multimedia untuk pendidikan anak-anak
|
Keluarga Multimedia, membangun kebersamaan melalui teknologi.
|
Sumber : www.ibuprofesional.com
0 komentar:
Posting Komentar