Sabtu, 21 November 2015

Kurikulum Kuliah Institut Ibu Profesional " Bunda Sayang "

Infografis Kurikulum Instiitut Ibu Profesional



Inilah ilmu-ilmu yang akan rutin  didapatkan di perkuliahan Institut Ibu Profesional baik secara off line maupun online. Jangan di  lewatkan kan ya bunda satu mata kuliahpun, karena semuanya bener-bener  menarik.
I. PROGRAM : BUNDA SAYANG
Standar Kompetensi :  memahami ketrampilan dalam mengembangkan materi, teknologi, metode, peralatan dan pelatihan untuk melatih dan mengembangkan ketrampilan dasar anak.
Durasi : 12 kali pertemuan @ 1 jam

Kompetensi  Dasar
Hasil Belajar
Indikator

Materi Pokok
1. Menguasai ketrampilan berkomunikasi antara orangtua dan anak-anak
1. 1 Mengenal komunikasi yang destruktif
1.2 Memahami dan mempraktekkan komunikasi Produktif di rumah
* Mengidentifikasi dan menyadari jenis-jenis komunikasi yang destruktif ke anak-anak
*Mengganti komunikasinya dengan komunikasi produktif
Komunikasi Produktif
2. Menguasai ketrampilan melatih kemandirian anak-anak.
2.1 Mengetahui tahapan-tahapan  melatih anak mandiri
2.2 Mempersiapkan jadwal untuk mempraktekkan kemandirian anak di rumah
*Mengetahui tahapan kemandirian berdasarkan usia anak
*Bisa memandu anak mempraktekkan kemandirian di rumah, menggunakan buku bintang.
Memandu Kemandirian Anak di Rumah
3. Menguasai ketrampilan melatih kecerdasan emosi dan spiritual anak-anak.
3.1 Memahami pentingnya mengembangkan kecerdasan emosi dan spiritual anak-anak
3.2 Beraktivitas dengan anak-anak untuk meningkatkan kecerdasan emosi dan spiritualnya
*Memahami faktor-faktor pemicu kecerdasan emosi  dan spiritual anak-anak
* Menyusun aktivitas di rumah yg melejitkan kecerdasan emosi dan spiritualnya
*Melejitkan Kecerdasan Emosi dan spiritual anak-anak.
4. Menguasai ketrampilan mendampingi belajar anak, sesuai gaya belajarnya.
4.1 Memahami macam-macam gaya belajar anak
4.2 Mampu menyusun rencana pendampingan pembelajaran disesuaikan gaya belajar anak.
*Mengidentifikasi gaya belajar masing-masing anak
*Mempraktekkan pembelajaran sesuai gaya belajar anak.
* Memahami gaya belajar anak, Mendampingi dengan benar.
5. Menguasai ketrampilan menstimulus anak suka membaca dan menulis
5.1 Memahami tahapan persiapan anak untuk membaca dan menulis
5.2 Menguasai permainan dan alat peraga untuk menstimulus anak-anak agar suka membaca.
* Memberikan stimulus membaca dan menulis dengan benar.
*Mempraktekkan permainan dan stimulus secara konsisten dan terus menerus di rumah.
*Mendidik anak suka membaca dan menulis.
6.Menguasai ketrampilan  menstimulus anak menyukai matematika
6.1 Memahami dasar konsep matematika untuk anak-anak
6.2 Menguasai cara penyampaian matematika yang mudah dan menyenangkan

*Menguasai tahapan mengajarkan matematika untuk anak.
*Mempraktekkan matematika scr mudah dan menyenangkan
*Mendidik Anak menyukai Matematika
7.Menguasai ketrampilan mengoptimalkan kelebihan anak sesuai kecerdasannya
7.1 memahami bahwa semua anak adalah cerdas
7.2 Memperlakukan anak secara optimal sesuai dengan kecerdasannya
*Mengidentifikasi kecerdasan dominan yang ada di diri anak.
*Mengembangkan pribadi anak sesuai dengan kecerdasannya masing-masing
Semua anak adalah bintang
8. Menguasai ketrampilan untuk melejitkan kecerdasan finansial anak sejak dini.
8.1 Memahami faktor-faktor yang melejitkan kecerdasan finansial
8.2 Mempraktekkan stimulus kecerdasan finansial anak dalam kehidupan sehari-hari
* Mampu melihat lingkungan internal dan eksternal yang mendukung kecerdasan finansial anak
* Bisa menyusun aktivitas dalam kehidupan sehari-hari guna menstimulus kecerdasan finansial anak.
Mendidik anak cerdas finansial sejak dini
9. Menguasai ketrampilan dasar memicu kreativitas anak sejak dini.
9.1 Memahami faktor pemicu kreativitas anak
9.2 Melakukan aktivitas yang memicu kreativitas anak dalam kehidupan sehari-hari
*Bisa menyebutkan faktor-faktor yang memicu kreativitas anak
*Bisa menyusun aktivitas bersama anak yang memicu kreativitas
*Memicu Kreativitas anak sejak dini
10. Menguasai ketrampilan dasar  mendongeng, sebagai dasar pembentukan karakter
10.1 Memahami ilmu-ilmu dasar mendongeng dan membangun karakter
10.2 Mampu menulis dan mengekspresikan diri bertutur kata kepada anak lewat dongeng
*Bisa mengerti dan memahami segala faktor yg mendukung kemahiran mendongeng
* Mampu menulis dan mengekspresikan dongeng sederhana yg berkaitan dg karakter
Membangun karakter anak lewat dongeng

11. Menguasai ketrampilan dasar seputar mengelola rasa ingin tahu anak ttg pendidikan seks dan hal-hal tabu lainnya sejak dini
11.1 Memahami secara ilmiah ttg pendidikan seks dan masalah yang ditabukan dari sudut kaca mata anak.
11.2 Mampu mengarahkan anak-anak pada informasi yang benar seputar seks dan hal-hal tabu lain, sesuai pemahaman anak.
*Mampu mengidentifikasi informasi tentang seks dan hal-hal yg ditabukan dari kacamata anak-anak.
*Mampu memberikan sumber belajar yang tepat untuk mengelola rasa ingin tahu anak seputar seks dan hal-hal yang ditabukan.
Mengenalkan Pendidikan Seks secara tepat dan benar sejak dini.
12. Menguasai ketrampilan dasar membuat keluarga multimedia.
12.1 Memahami kecanggihan teknologi sbg pola dasar membangun keluarga multimedia.
12.2 Mampu membangun keluarga multimedia.
*Bisa menyebutkan berbagai macam teknologi yg berkembang saat ini untuk pendidikan anak
*Mampu menggunakan berbagai multimedia untuk pendidikan anak-anak
Keluarga Multimedia, membangun kebersamaan melalui teknologi.
Sumber : www.ibuprofesional.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mama Belajar Template by Ipietoon Cute Blog Design